Thursday, 6 November 2014

SUPRASTRUKTUR OTOMASI KEARSIPAN


.      Kepemimpinan
a.       Kebutuhan akan kepemimpinan yang baik
1.      Tuntutan perubahan
2.      Pemerintah yang diharapkan
b.      Apa itu kepemimpinan ?
Kepemimpinan berlaku apabila seseorang itu mendorong, membujuk, dan mempengaruhi orang lain untuk berusaha kea rah pencapaian sesuatu objektif tertentu.
2.      Sumber Daya Manusia
Upaya pengembangan SDM yang perlu dilakukan untuk mendukung implementasi adalah :
a.       Meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya  pengelolaan arsip serta pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaannya.
b.      Pengembangan pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sistem pengelolaan arsip berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar hasil pendidikan dan pelatihan tersebut sesuai dengan kebutuhan implementasi.
c.       Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi aparat pelaksana yang menangani kegiatan bidang kearsipan dan aparat yang bertugas dalam memberikan  layanan arsip.
d.      Perubahan pola pikir, sikap dan budaya kerja pejabat dan stap yang mendukung implementasi sistem pengelolaan arsip berbasis TI.
Meredith Belbin (1993) berdasarkan pada penelitiannya mengajukan Sembilan peran yang harus dimiliki tim yang sukses :
1.      Coordinator (mempunyai pandangan jelas)
2.      Pembetuk (pembentuh penuh dan tenaga )
3.      Pencetus (ide orisinal)
4.      Investigator survey (kelompok anggota dengan kontak dan jringan yang kuat )
5.      Implementer (pekerja perusahaan)
6.      Pekerja tim (orang yang paling waspada terhadap yang lainnya ditim)
7.      Pelengkap
8.      Monitor evaluator
9.      Spesialis.


Sumber : BMP Otomasi dalam Kearsipan/ASIP4432

Pengarang : M. Imam Mulyantono
 

No comments:

Post a Comment