. Kepemimpinan
a. Kebutuhan
akan kepemimpinan yang baik
1. Tuntutan
perubahan
2. Pemerintah
yang diharapkan
b. Apa
itu kepemimpinan ?
Kepemimpinan berlaku apabila seseorang itu mendorong, membujuk, dan
mempengaruhi orang lain untuk berusaha kea rah pencapaian sesuatu objektif
tertentu.
2. Sumber
Daya Manusia
Upaya pengembangan SDM yang perlu
dilakukan untuk mendukung implementasi adalah :
a. Meningkatkan
kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya
pengelolaan arsip serta pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam pelaksanaannya.
b. Pengembangan
pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sistem pengelolaan arsip
berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar hasil pendidikan dan pelatihan
tersebut sesuai dengan kebutuhan implementasi.
c. Penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi aparat
pelaksana yang menangani kegiatan bidang kearsipan dan aparat yang bertugas
dalam memberikan layanan arsip.
d. Perubahan
pola pikir, sikap dan budaya kerja pejabat dan stap yang mendukung implementasi
sistem pengelolaan arsip berbasis TI.
Meredith Belbin (1993)
berdasarkan pada penelitiannya mengajukan Sembilan peran yang harus dimiliki
tim yang sukses :
1. Coordinator
(mempunyai pandangan jelas)
2. Pembetuk
(pembentuh penuh dan tenaga )
3. Pencetus
(ide orisinal)
4. Investigator
survey (kelompok anggota dengan kontak dan jringan yang kuat )
5. Implementer
(pekerja perusahaan)
6. Pekerja
tim (orang yang paling waspada terhadap yang lainnya ditim)
7. Pelengkap
8. Monitor
evaluator
9. Spesialis.
Sumber : BMP Otomasi dalam Kearsipan/ASIP4432
Pengarang : M. Imam Mulyantono
No comments:
Post a Comment