Wednesday 24 January 2018

Manajemen Informasi

Dalam mengelola suatu usaha, seorang pemilik usaha dapat melihat seberapa maju usahanya dengan mengetahui informasi-informasi seperti jumlah pelanggan, berapa banyak pendapatan yang diterima atau berapa jumlah barang yang masuk.
Manajemen informasi berperan untuk mengatur informasi-informasi tersebut agar dapat direkan dan dibuat menjadi suatu laporan yang memudahan pemantauan-pemantauan informasi yang dibutuhkan.

Manajemen informasi didefinisikan sebagai kesempatan untuk meningkatkan produktivitas individu dan organisasi melalui pengambilan keputusan dan komunikasi yang lebih baik dengan mendayagunakan kemampuan komputer. Alasan dipilihnya komputer, karena komputer bekerja lebih cepat, akurat dan mampu menyimpan data lebih banyak daripada manusia.

Manajer bertanggungjawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan. Ia harus memastikan bahwa orang yang ada dalam perusahaan akan menerima informasi dengan tepat, pada saat yang tepat pula. Manajer harus membuang informasi yang kuno, tidak lengkap, dan salah.
Semua aktivitas ini disebut sebagai manajemen informasi.

Berikut ini beberapa alasan umum mengapa tugas manajeman menjadi lebih komolek :
- Pengaruh Ekonomi Internasional
- Meningkatnya Kekompleksan Teknologi
- Penyusutan Kerangka Waktu
- Tekanan Pesaing
- Tekanan Sosial

No comments:

Post a Comment