Monday 29 January 2018

SISTEM INFORMASI

Untuk menjalankan suatu manajeman dibutuhkan suatu sistem untuk mengatur data atau informasi agar proses dalam menajemen dapat berlangsung secara berkesinambungan dan teratur.
Suatu sistem informasi dapat diartikan sebagai kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.

Sistem Informasi harus memiliki keunggulan kompetitif seperti singkatnya prosedur , kecepatan respons, kemudahan transaksi dan kemudahan untuk diperbaharui baik prosedur, data maupun model penyajiannya.
Untuk memahami dimana posisi Sistem Informasi dalam proses kegiatan manajemen, perlu terlebih dahulu dibahas mengenai empat fungsi manajer, yaitu : Perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

1. Perencanaan
Merupakan proses dimana manajer secara matang dan bijaksana memikirkan dan menetapkan sasaran serta tindakan berdasarkan beberapa metode yang diperlukan untuk mencapainya.

2. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses untuk menata dan mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya manusia serta pendistribusian wewenang sehingga sasaran organisasi dapat dicapai.

3. Kepemimpinan
Kepemimpinan seorang manajer dapat dilihat dari sejauh mana ia mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaannya.

4. Pengendalian
Pengendalian merupakan proses untuk memastikan bahwa aktivitas organisasi yang sedang atau telah berlangsung sudah benar serta sesuai dengan metode dan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment