Sunday 2 July 2017

WISATA HEMAT DENGAN BEKAL DARI RUMAH

Halo sahabat, gimana nih liburannya ? pasti seru kan ? berkumpul bersama keluarga, mengunjungi destinasi wisata yang mungkin sudah menjadi target dari jauh-jauh hari.
Tapi sahabat gak mau kebobolan kan ketika berwisata ? meskipun sebenarnya budget juga udah disiapin, tapi tidak ada salahnya kan untuk mengantisipasi pengeluaran yang berlebihan sebelum sahabat berangkat ke tempat wisata untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kalau misalnya bisa dibawa dari rumah, kenapa mesti repot-repot beli ditempat wisata ? Iya kan ? :)

Sebelumnya kita tentuin mau piknik kemana ? pantai, gunung atau kebun binatang ? Jika memutuskan untuk pergi ke pantai, tentu persiapannya akan berbeda dengan pergi ke kebun binatang atau ke gunung.

Kali ini sahabat, saya akan mencoba menuliskan barang atau persiapan apa saja yang harus kita bawa ketika akan melakukan wisata ke pantai berdasarkan pengalaman pribadi :)

1. Makanan
Seperti tujuan awal kita kepantai kan untuk "botram" bersama keluarga, pastinya yang pertama disiapkan adalah nasi dan lauk pauknya. Gak ketinggalan sambal dan lalapannya. Meskipun di pantai banyak rumah makan yang menyediakan paket komplit makan, lauk pauk plus lalapannya, tapi jika kita membawa dari rumah nasi, sambal dan lalapannya tentu akan mengurangi harga. Kalau untuk lauk pauknya bisa lah kita beli, apalagi kan pergi ke pantai atau laut tentunya ciri khasnya ya makan seafood. Tentu kita tak mungkin melewatkan lauk pauk ikan bakar, cumi saus tiram atau kepiting asem manis. Emmmhhh...mantaf banget kan. Untuk air minum juga, sebaiknya kita bawa dari rumah, sahabat tau kan gimana harga-harga yang ditawarkan di tempat wisata, pasti serba mahal minimal satu kali lipat. Harga satu botol air mineral yang biasanya 2500 bisa jadi ditempat wisata harganya menjadi 5000 rupiah. Jadi gak ada salahnya kan kalau kita bawa persediaan dari rumah.

2. Baju Renang
Setelah makan-makan, gak apdol dong kalau gak renang menikmati gulungan-gulungan ombak. Tentunya ditempat yang direkomendasikan untuk tempat renang. Karena tak semua pantai bisa dipakai untuk berenang.
Gak asik kan kalau kita berenang menggunakan pakaian yang dipakai berangkat terus dipakai untuk pulang lagi. Berarti kita harus membawa pakaian cadangan atau pakaian khusus untuk berenang. Meskipun banyak juga dijual pakaian untuk berenang tapi alangkah baiknya jika kita berhemat dengan membawa pakaian renang dari rumah. Oke selamat berenang ya :)
3. Perlengkapan Mandi
Setelah selesai berenang, pasti dong kita mandi ? uhhhh...kebayangkan gimana rasanya bermandikan air laut, badan dan rambut lengket dan asin. Hayo dong mandi ! Apa gak bawa perlengkapan mandi ? ihhh.....mandinya gak bersih dong. Jangan lupa ya sahabat bawa sabun mandi, sampo, sikat pasta gigi, handuk, dan peralatan lain yang biasa dipake untuk ritual mandi :)
4. Cemilan
Emhhhh...habis renang, mandi, eh laper lagi. Tapi kalau harus makan nasi, rasanya masih kenyang. Ngemil ? nah ini cara terbaik :)
Bawa cemilan kan dari rumah ? Sip deh ! kalau dirumah masih banyak sisa cemilan, kenapa gak dibawa aja :)
Tapi saya pengen rujak ah !
Eh pengalaman saya kemarin, beli rujak cuma 5 sendok harganya 8000 rupiah lho, padahal buah-buahan dan gula merah dirumah ada, nyesel deh saya gak bikin aja dirumah terus dibekal.

Eh.. masih banyak sih sebenernya hal yang harus dipersiapkan dari rumah bila akan melakukan piknik. Tapi untuk sementara sekian dulu deh ya. Semoga bermanfaat. Selamat Liburaannn.


No comments:

Post a Comment