Sunday 18 February 2018

SISTEM RESPIRASI PADA TUBUH MANUSIA

Pengertian respirasi pada manusia sebagai proses eksternal dan internal yang melibatkan alat-alat respirasi. Respirasi eksternal mencakup proses memasukan oksigen dan melepaskan karbondioksida melalui alat pernapasan yakni paru-paru. Respirasi internal adalah proses pengikatan oksigen dan pelepasn karbon dioksida oleh sel-sel tubuh.

Alat-alat Pernapasan
Manusia mempunyai alat pernafasan yang tersusun dari bagian : hidung, faring, laring, tenggorokan, cabang tenggorokan, dan alveolus. Alveoli (jumlah banyak) terbungkus dalam kantung paru-paru kiri dan kanan. Kantung paru-paru disebut pleura, bila terjadi radang pleura disebut pleuritis.

Hidung
Bagian hidung terutama hidung bagian dalam rongga hidung berfungsi, perrtama sebagai tempat lalunya udara dimana terjadi penghangatan, pelembaban dan penyaringan.
Faring
Saluran pernafasan yang berada pada lintasan makanan dan udara dengan panjang kurang lebih 13 cm dimulai dari akhir lubang hidung dengan awal dari daerah laring.
Larynx
Lariynx merupakan kotak suara dengan selaput suara pada bagian awalnya. Pada daerah ini terdapat banyak sel kelanjar berambut yang menghasilkan cairan guna menangkap debu dan kotoran yang masuk
Tenggorokan
Tenggorokan merupakan alat berikutnya setelah larynx. Panjang tenggorokan sekitar 12 cm dan diameternya sekitar 2,5 cm. Berada di sebelah depan dari kerongkongan, mulai dari laring dan berakhir pada daerah percabangan (bronkus) sekitar tulang punggung ke lima. Daerah ini berupa saluran dengan banyak kelenjar yang menghasilkan cairan yang berfungsi dalam menangkap sisa kotoran yang belum tertangkap dibagian awal saluran terbuat dari tulang rawan dengan otot pengikat diantara cincin tulang rawan.
Cabang tenggorokan (Bronkus)
Bronkus terdapat antara trachea dan cabang bronkus dan selanjutnya bercabang lagi disebut bronkiolus. Bronkus bercabang dua kiri dan kanan. Cabang bronkus diurutkan berdasarkan urutan percabangan yakni primer (pertama), sekunder (kedua), tertier (ketiga) dan akhirnya sampai pada bagian terkecil disebut bronkiole yang berhubungan dengan kelompok alveolus (kantung kecil udara). Gejala radang yang diakibatkan kuman yang masuk dalam bronchus disebut brokhitis.
Alveolus
Bagian akhir dari perjalanan udara luar yang masuk ke dalam paru-paru adalah di alveolus.Alveoli (banyak) merupakan kumpulan dari alveolus disinilah terjadinya penyerapan oksigen dan pelepasan karbon dioksida. Bagian ini penuh dengan pembuluh kapiler darah yang disebut arteriole dan venule. Bagian arteriole melepaskan karbondioksida sebagai sisa metabolisme dan venule menyerap oksigen. Oksigen yang diikat oleh Hb akan diangkut ke serambi bagian kiri.

No comments:

Post a Comment