Wednesday 14 February 2018

PERANGKAT SISTEM INFORMASI

Untuk dapat menjalankan sebuah sistem informasi, orang harus mengenali dahulu perangkat apa saja yang harus dimiliki sistem tersebut.
Berikut ini akan dikemukakan beberapa perangkat harus dimiliki secara lengkap untuk sebuah sistem informasi :

1. Hardware
Bagian ini merupakan bagian perangkat keras sistem informasi. Sistem informasi moderen memiliki perangkat keras seperti komputer, printer dan teknologi jaringan komputer (LAN, ethernet dan internet).

2. Software
Sistem informasi yang modern menggunkan perangkat lunak sebagai program yang memerintahkan perangkat keras komputer untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk informasi. Software atau perangkat lunak dapat dikelompokan dalam beberapa jenis, yaitu :
a. Sistem Operasi, seperti program Microsoft Windows, LINUX, Novel Netware dan lain sebagainya.
b. Aplikasi, seperti Microsoft Office, General Ledger, Corel Draw, dan lain-lain.
c. Utilities, seperti antivirus, Norton utilities, Disk Fragmenter, Registry Fix, dan lain-lain.
d. Bahasa Pemograman, Seperti Visual Basic, Foxpro, Cobol, Delphi, dan sejenisnya.

3. Data
Data merupakan komponen dasar atau bahan mentah yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. Dokumen bukti transaksi, nota, kuitansi, dan sebagainya merupakan contoh data atau bahan mentah.

4. Prosedur
Prosedur adalah bagian yang berisikan petunjuk prosedur atau proses-proses yang harus terjadi untuk menjalankan proses dalam sistem.

5. Manusia
Manusia merupakan komponen utama dalam sebuah sistem informasi. Komponen manusia yang terlibat dalam sistem informasi antara lain adalah :
a. First level manager yang berperan sebagai pengelola pemrosesan data yang dalam tindakannya didukung oleh perencanaan, jadwal, identifikasi, situasi out of control dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah.
b. Spesial staff yang berperan menganalisis untuk keperluan perencanaan dan pelaporan.
c. Manajemen untuk membuat laporan berkala, permintaan khusus, analisis khusus, laporan husus, pendukung identifikasi masalah dan peluang, pendukung analisis pengambilan keputusan level atas.

Sistem informasi didefinisikan sebagai : Kumpulan komponen-komponen yang menampilkan pelaksanaan pengolahan data yang sistematis dan formal untuk :
a. Keperluan transaksi pengolahan data yang resmi;
b. Menyajikan informasi bagi menejemen untuk mendukung aktifitas perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan;
c. Menyajikan berbagai laporan seperti yang dibutuhkan bagi keperluan eksternal.

sistem informasi

No comments:

Post a Comment